728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, 16 July 2017

Soal Pernikahan Selamet dan Nenek Rohaya, Mensos Kirim Tim Saktipeksos

net
SinarRakyat.Com | Pernikahan remaja berusia 16 tahun, Selamat Riyadi dengan nenek Rohaya binti Kiagus Muhammad Jakfar yang telah menginjak usia 71 tahun menjadi viral di media sosial.

Tak kurang Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa prihatin dengan pernikahan beda usia pasangan Slamet Riyadi (16) dan Rohaya (71) itu.

"Bukan karena perbedaan usia, tetapi bahwa salah satu dari yang menikah itu (Slamet) ternyata masih usia anak," kata Mensos dalam acara Halal Bihalal dan Peringatan Hari Anak Nasional 2017 oleh PP Muslimat NU, di kawasan Kalibata, Jakarta, Minggu (15/7).

Khofifah menyebutkan aturan tentang pernikahan sudah diatur dalam UU Nomor 1/1974 yang mana dalam ketentuan tersebut seorang laki-laki yang akan menikah harus berusia minimal 19 tahun.

"Nah ternyata si Slamet ini usianya masih 16 tahun," ujarnya.

Guna mengetahui lebih dalam, Mensos kemudian mengutus Satuan Bakti Pekerja Sosial (Saktipeksos) untuk mengunjungi pasangan tersebut.

Tujuannya ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dari pernikahan yang informasinya ia terima dari sosial media itu.

"Saya mendapatkan copy dari pernyataan apakah dari Pak Urip (kakak nenek Rohaya) atau dari Slamet sendiri yang sudah menyatakan bahwa mereka memang sudah menikah di bawah tangan," jelasnya.

Selain itu, Mensos juga meminta tim Saktipeksos untuk memberikan arahan pada Slamet untuk mau melanjutkan kembali pendidikannya yang terputus.

Sebelumnya, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Kota Palembang Romi Afriansyah, mengatakan pernikahan tersebut justru tidak lazim.

”Pernikahan ini tidak lazim dan sepatutnya jangan ditiru karena jika ditinjau dari berbagai sektor lebih banyak mudaratnya,” kata Romi di Palembang.

Proses pernikahan keduanya dilakukan di rumah Ketua RT 01 Desa Karangendah, Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, 3 Juli 2017. Kejadian ini menghebohkan, bukan hanya di masyarakat sekitar tapi hingga menjadi isu nasional.

(Ant/Umi)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Soal Pernikahan Selamet dan Nenek Rohaya, Mensos Kirim Tim Saktipeksos Rating: 5 Reviewed By: Sinar Rakyat