728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, 31 May 2017

Muhammadiyah Dukung TNI Berantas Terorisme

SinarRakyat.Com | Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, menyetujui bila TNI dilibatkan dalam memberantas aktivitas terorisme di Indonesia. Pandangan itu didasarkan pada tugas pokok TNI yakni menjaga kedaulatan, ancaman dan gangguan negara.

"Dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 disebutkan tugas pokok TNI itu pada prinsipnya ada tiga, pertama menegakkan kedaulatan negara, kedua mempertahankan keutuhan wilayah dan ketiga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan," kata Dahnil, Selasa (30/5/2017).

Menurut Dahnil, tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Dalam OMSP, salah satu tugas TNI adalah mengatasi aksi terorisme.

"Saya kira kasus-kasus terorisme yang meningkat saat ini bisa diminimalisasi dengan merevitalisasi peran TNI," lanjut Danhil.

Terkait dengan kekhawatiran banyak pihak akan potensi pelanggaran HAM apabila TNI terlibat, Dahnil menuturkan, salah satu institusi yang sukses secara perlahan melakukan reformasi adalah TNI. Atas dasar itulah, Dahnil meyakini TNI pasti akan mengambil pelajaran dari berbagai kasus di masa lalu. (HKR)




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Muhammadiyah Dukung TNI Berantas Terorisme Rating: 5 Reviewed By: Sinar Rakyat