728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, 13 April 2017

Survey LSI Anies-Sandi Unggul, Denny JA: Seandainya Ahok Dibantu Spiderman pun Tak Bisa Menjabat Gubernur Lagi


SinarRakyat.Com | Hari ini Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil riset terbarunya tentang elektabilitas kandidat pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul telak atas petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot). Berdasar survei LSI terhadap 440 responden pada 7-10 April 2017, Anies-Sandi mengantongi elektabilitas 51,4 persen.

Sedangkan duet Ahok-Djarot hanya mengantongi elektabilitas 42,7 persen suara responden. Sisanya 5,9 persen responden mengaku tidak tahu, tidak menjawab atau merahasiakan pilihan mereka.

"Jika pilkada digelar ketika survei dilakukan, masyarakat Jakarta akan punya gubernur baru bernama Anies-Sandi," kata peneliti LSI Ardian Sopa di Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (13/4).

Sebelumnya, Denny mengatakan dua kendala besar yang menghalangi Ahok terpilih kembali sebagai gubernur DKI adalah putaran kedua Pilkada dan proses pengadilan.

Karena rebound, trend dukungannya menaik kembali, Ahok bisa saja lolos di putaran kedua. Namun sentimen anti Ahok di kalangan mayoritas pemilih terlalu kuat untuk ia taklukan dalam waktu kurang dua bulan lagi.

Di putaran pertama sentimen anti Ahok ini kurang perkasa karena sentimen ini terpecah kepada dua kubu: ke kubu Agus dan ke kubu Anies.

"Namun di putaran kedua, jika Ahok lolos, sentimen anti Ahok ini bersatu kembali  melawan Ahok. Dan jumlah mereka, sentimen anti Ahok ini, masih mayoritas," katanya seperti dikutip dari Kantor Berita RMOL.

Dalam proses hukum, kata Denny JA, posisi Ahok sekarang bukan lagi tersangka, tapi sudah naik menjadi  terdakwa. Untuk inkrah sampai keputusan hukum final di tingkat Mahkamah Agung, butuh waktu tahunan. Dalam posisinya sebagai terdakwa, Ahok pun tak bisa menjabat gubernur sebagaimana merujuk pada pasal 83 UU Pemda, UU 23/2014.

"Seandainya Ahok, katakanlah dibantu oleh the Avengers, Spiderman, Iron Man plus dibantu pula oleh Superman dan Batman, mampu mengubah sentimen anti Ahok dalam waktu cepat agar menang pilkada, label terdakwa ini tetap membuatnya tak bisa menjabat gubernur lagi," tegas Denny.

"Survei ini dibiayai dengan dana sendiri, dan dilengkapi pula dengan kualitatif riset," demikian Denny JA.(RMOL/Umi/Dea)



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Survey LSI Anies-Sandi Unggul, Denny JA: Seandainya Ahok Dibantu Spiderman pun Tak Bisa Menjabat Gubernur Lagi Rating: 5 Reviewed By: Sinar Rakyat