Pesan Terakhir Kiai Hasyim, HNW: Kembangkan Islam Tanpa Sekat


SinarRakyat.Com |  Ulama dan Tokoh Nasional KH A Hasyim Muzadi  telah berpulang, namun nasehatnya tetap menjadi pencerah bagi para santrinya, begitu tanggapan Hidayat Nur Wahid yang kemarin ikut takziah di kediaman ulama terkemuka almarhum KH. Hasyim Muzadi di Depok, jawa barat.

"Ada pesan beliau yang patut kita tunaikan, terutama bagi umat islam, yakni menjaga ke-indonbesia-an. Selain itu, almarhum juga berpesan kepada keluarga dekatnya agar umat Islam harus maju dan tetap cinta Indonesia," kata HNW kepada wartawan di Jogjakarta, Jumat (17/3).

Selain itu, Kiai Hasyim juga meninggalkan pesan agar para santri, ulama dan umat islam pada umumnya agar tidak lelah dan terus mengembangkan Islam tanpa sekat. Tanpa sekat dengan politik, kebangsaan dan kelompok lainnya.

"Dalam kondisi sakit pun, almarhum masih tetap membela umat Islam. Saya kagum pada beliau tidak mendikotomi antara Islam dan kebangsaan," terang HNW.

Satu prestasi yang luar biasa Kiai Hasyim menurut HNW yakni mampu menjembatani antara umat Islam secara internal, antara umat Islam dengan umat lain dan antara umat Islam dengan negara.

"Hal itu yang tidak semua ulama bisa lakukan. Namun dalam sosok Kiai Hasyim justru sangat menonjol. Kita harus apreasiasi gagasan, ide almarhum untuk dijadikan pencerah bagi seluruh anak bangsa di negeri ini," demikian HNW. (Siti Mutmainah)

0 Response to "Pesan Terakhir Kiai Hasyim, HNW: Kembangkan Islam Tanpa Sekat "

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.