ACTA: Ahok Sudah Terdakwa, Mendagri Harus Segera Memberhentikan

SinarRakyat.Com | Ketua Dewan Pembina Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Habiburokhman melayangkan surat  Teguran Hukum Terbuka kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Teguran terbuka ini berisi desakan kepada Mendagri untuk segera memberhentikan Basuki T. Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Mendagri harus segera memberhentikan sementara Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta karena sudah menyandang status terdakwa dugaan pelanggaran Pasal 156a KUHP yang ancaman hukumannya 5 tahun," katanya kepada wartawan, Jumat, 10/2).

Dasar hukum pemberhentian itu yakni Pasal 83 UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah jelas menyebutkan bahwa kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD karena didakwa melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun, tindak pidana korupsi, tindak pidana terorisme, makar, tindak pidana terhadap keamanan negara, dan/atau perbuatan lain yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Jadi jelas, begitu dia (Ahok) menyandang status Terdakwa, maka dia harus segera berhenti," tandasnya.

Sebelumnya, Ahli Hukum Tata Negara Prof. Romli Atmasasmita juga menyatakan hal yang sama. Bahkan Romli menyebut  kalau Ahok yang berstatus terdakwa tidak diberhentikan sementara, maka Presiden melanggar dua Undang-undang, yakni UU Pemda dan UU Pilkada.

Berikut pernyataan Prof. Romli melalui akun twitternya:

"Menurut UU Pemda dan UU Pilkada status terdakwa diberhentikan sementara wajib hukumnya tidak ada kecuali."

"Cuti berakhir bagi Ahok maka pemberhentian sementara berlaku dan plt Gub diperpanjang lagi."

"Jika Ahok melanjutkan jabatan gubernurmaka presiden melanggar dua uu tsb."

"Harap ahli hukum dan masyarakat cermati/teliti UU Pemda dan UU Pilkada ttg pemberhentian sementara jabatan gubernur."

"Bapak Mendagri harus dibedakan antara pemberhentian sementara karena cuti sebagai paslon gub DKI dan karena status terdakwa."

"Pendapat saya bukan karena kebencian tetapi saya ingin hukum ditegakkan sungguh-sungguh di negeri ini karena asas equality before the law (kesamaan hukum) berlaku terhadap siapapun." (R)


0 Response to "ACTA: Ahok Sudah Terdakwa, Mendagri Harus Segera Memberhentikan"

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.