Parenting Internasional Wujudkan Skillfull Teacher

SinarRakyat.Com | Orang tua dan rumah adalah “sekolah” pertama yang dikenal anak karena orang tualah yang pertama kali mengajari dan membekali anak dengan nilai dan norma-norma sebelum anak belajar pada jenjang pendidikan usia dini atau pun pendidikan dasar.

Saat ini pendidikan karakter telah menjadi perhatian besar di banyak negara di dunia karena dipandang sangat penting bagi anak. Tanpa memiliki nilai-nilai karakter yang baik, seorang individu tak akan dapat hidup bersama dengan ideal di dalam lingkungan masyarakat yang baik. Intelektualitas yang tinggi dari seseorang tak menjamin bahwa dia akan sukses pula dalam kehidupan sosialnya bila tak ditunjang dengan karakter pribadinya yang baik.

Atas dasar itulah Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jawa Tengah bekerjasama dengan berbagai pihak gelar Parenting Internasional.

Acara yang dilaksanakan pada Kamis (08/12/16) di gedung SDA Provinsi Jawa Tengah Kudus menghadirkan pemateri dari Singapura yaitu DR. Bibi Jan Mohd Ayyub (Pakar Konsultan Anak dan Keluarga) dan Irawati Istadi (Penulis Buku Best Seller Parenting).

Dalam paparannya DR. Bibi Jan Mohd Ayyub mengatakan pentingnya Skillfull Teacher, "Setiap orangtua harus memiliki skill dan kemampuan secara penuh sebagai guru dan madrasah dalam keluarga. Ia sangat bangga dan bersyukur bisa berbagi ilmu dengan peserta dengan latar belakang sebagai guru dan orang tua, meskipun jauh datang dari Singapura hilang rasa capek dan lelah setelah bertemu dengan peserta dan bisa berkunjung ke hidayatullah Jawa Tengah”, imbuhnya

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Irawati Istadi menyampaikan tentang Keberadaan orang tua sebagai Pendidik profesional di rumah. “Orang tua adalah sebagai madrasah di rumah sehingga harus mampu untuk menjadi pendidik yang profesional”.

Helatan acara ini diikuti tak kurang dari 300 peserta dari berbagai wilayah di Kudus dan sekitarnya. Antusias peserta juga luar biasa terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya namun tidak semuanya dapat waktu hal ini dikarenakan terbatasnya waktu. Aisyiah, salah satu peserta mengaku pentingnya dirinya mengikuti acara ini,

"acara ini sangat penting bagi saya sebagai orangtua karena ilmu parenting harus banyak dikuasai oleh orangtua dalam mendidik putra-putri dirumah dan acara ini adalah salah satu jawabannya", ungkapnya.

Ustadz Usman W selaku Kepala Departemen Pendidikan Hidayatullah Jawa Tengah menuturkan, "acara ini diselenggarakan sebagai jawaban atas berbagai masalah yang dialami orang tua dalam mengasuh putra-putri mereka demi mengoptimalkan upaya membangun karakter anak dengan nilai-nilai moral yang baik dan santun. Semoga ada perubahan pendekatan dalam mendidik putra-putri kita, sehingga tidak bosan untuk terus menuntut ilmu.

Lebih lanjut beliau menuturkan,”Kami bersyukur bisa menghadirkan pembicara yang berkompeten dalam dunia parenting dan dari luar negeri serta terima kasih kepada peserta yang begitu antusias”.

Imam Muslim GM BMH Jawa Tengah menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu acara ini, “Atas nama pribadi dan mewakili lembaga kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu demi terselenggarakannya acara ini, semoga dibalas yang lebih baik oleh Allah SWT.

Acara ini terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak yaitu PW Hidayatullah Jawa Tengah, PD Hidayatullah Kudus, Yayasan Al-Aqso, Muslimat hidayatullah, BMT Amanah, Inova Printer dan sebagainya. Semoga acara ini menambah semangat dan spirit dalam mengasuh putra-putri kita. (Abdullah M Ikhwan)

0 Response to "Parenting Internasional Wujudkan Skillfull Teacher"

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.