728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, 22 November 2016

SLG Ponorogo Siap Mencetak Generasi Penulis

SinarRakyat.Com | Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Ponorogo, menggelar Sekolah Literasi Gratis (SLG) sudah berjalan minggu ke-3 angkatan bulan Nopember. Minggu (20/11), mendatangkan pemateri jebolan S-2 UNISMA 2011, Peni Nurhidajati.

“Menulislah dengan hati. Tulis saja sesuatu yang dekat dengan hati,” ujar wanita kelahiran 14 Nopember 1963 itu.

Menurut dia, menulis itu menyenangkan karena kita dapat berimajinasi, seolah-olah keliling dunia mencari apa yang dipikirkan otak dan dirasakan hati. Tak hanya itu, menulis juga terapi dan menjadikan kita hidup sepanjang zaman, meski telah tiada.

Samsu Darmawan (64), salah satu peserta SLG mengungkapkan tujuannya mengikuti sekolah literasi adalah untuk bisa menulis, sehingga ide-ide dalam hati dan pikirannya dapat tersalurkan melalui tulisan.

“Setiap malam ketika melihat pohon dan dedaunan menari dibawa angin, saya selalu muncul ide untuk dituliskan. Sayangnya saya tidak tahu caranya menulis,”terangnya.

Di pengujung acara, pemateri yang pernah menjadi guru di Papua itu, mengajak 100 peserta SLG untuk bernyanyi makna literasi melalui simbol jari tangan. Salah satunya jari manis, artinya literasi mencetak jadi penulis.

“Selamat berkarya!” pungkas Peni Nurhidajati mengakhiri materi.*(Suci)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: SLG Ponorogo Siap Mencetak Generasi Penulis Rating: 5 Reviewed By: Sinar Rakyat