728x90 AdSpace

Latest News
Monday, 12 September 2016

22 Juta Warga Belum Miliki E-KTP, Mendagri Akhirnya Memperpanjang Masa Perekaman KTP

SinarRakyat.Com | Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akhirnya memberikan kelonggaran batas waktu perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) sampai pertengahan 2017.

"Masih banyak warga yang belum melakukan perekaman e-KTP," katanya seperti dikutip Antara, Senin (12/9).

Sebelumnya, mendagri mengatakan data kependudukan mereka tidak akan diakui jika hingga 30 September 2016, belum melakukan perekaman data dirinya.

Tjahjo menyebutkan Kementerian Dalam Negeri mencatat jumlah warga yang belum melakukan perekaman data e-KTP sampai saat ini masih sekitar 22 juta orang yang tersebar di berbagai daerah. Maka dari itu, batas waktu perekaman data e-KTP yang semula khir September ini diundur menjadi pertengahan 2017 mendatang untuk memberikan kesempatan bagi yang belum melaksanakan.

Mengenai ketersediaan blangko e-KTP yang menjadi kendala di sejumlah daerah, pria kelahiran Surakarta, 1 Desember 1957 itu mengatakan stok blangko e-KTP di pusat sangat mencukupi.

Tjahjo meminta bagi daerah, baik kabupaten/kota yang ketersediaan blanko e-KTP sudah menipis atau habis dipersilakan untuk mengambil di pusat dengan prosedur yang sudah ditentukan.

"Tentunya harus disesuaikan dengan jumlah warga yang rekam e-KTP, bukan kebutuhan warga secara keseluruhan," katanya.

Dari pengalaman yang sudah ada, banyak blangko e-KTP yang menumpuk di sejumlah daerah tertentu karena jumlahnya melebihi warga yang sudah melakukan perekaman data e-KTP. *(umi/Antara)


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: 22 Juta Warga Belum Miliki E-KTP, Mendagri Akhirnya Memperpanjang Masa Perekaman KTP Rating: 5 Reviewed By: Sinar Rakyat