728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, 30 July 2016

Kerusuhan Pecah di Tanjung Balai, 6 Kelenteng Ludes Dibakar Massa

SinarRakyat.Com  – Hampir seluruh Kelenteng di Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara dibakar massa yang mengamuk lantaran isu berbau agama. Rumah ibadah warga Tionghoa itu dibakar tanpa bisa dicegah oleh pihak keamanan setempat.

Ribuan warga Tanjung Balai yang sudah tersulut emosi terus melakukan perusakan dan membakar sedikitnya lima rumah ibadah serta beberapa mobil yang berada di lokasi kejadian.

Ratusan polisi dari Mapolres Tanjung Balai dibantu Satuan Brimob Tanjung Balai, serta TNI AL dikerahkan ke lokasi  untuk meredam aksi massa.

Menurut informasi dari warga Tanjungbalai bernama Kadek Rossoneri, hingga Sabtu (30/7/2016) dinihari, ribuan massa secara bergerombol mendatangi sejumlah kelenteng atau pekong di Kota berjuluk Kota Kerang itu.

“Sepengetahuan saya, lebih dari enam kelenteng dibakar warga. Bahkan rumah-rumah sosial juga dirusak massa,” ujar Kadek yang juga Ketua KNPI Kecamatan Tanjungbalai Utara itu.

Menurutnya, selain dibakar, kelenteng-kelenteng itu juga dirusak. “Saya belum dengar ada korban jiwa dari aksi massa tersebut,” imbuhnya.

Kadek yang hingga dinihari tadi masih berada di lokasi menyebutkan, sejumlah kelenteng yang dibakar massa antara lain berada di Jalan Pasiran, Pantai Amor, di Jalan Tengku Umar, Jalan Selat Lancang, Jalan Asahan dan Jalan Handoko.

“Untuk kelenteng yang di Jalan Selat lancang dilarang warga untuk dibakar. Karena dekat situ banyak pemukiman penduduk. Makanya massa merusak kelenteng itu,” tukas Kadek.

Diketahui, hingga Sabtu (30/7/2016) dinihari pukul 02.00 WIB, suasana mencekam masih menyelimuti Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara. Kericuhan berbau agama itu dipicu oleh sikap seorang warga yang marah mendengar suara adzan.

Editor : Umi Khalsum
Sumber : Edisi Medan

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Kirim Komentar Anda:

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel atau berita yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan kami dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Kami akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Item Reviewed: Kerusuhan Pecah di Tanjung Balai, 6 Kelenteng Ludes Dibakar Massa Rating: 5 Reviewed By: Sinar Rakyat